Jumat, 19 April 2013

Trik aman berkendara saat hujan

Trik aman berkendara saat hujan


Bagi anda pengendara yang suka nekat meneruskan pejalanan saat hujan.

Adapun berikut tips-tips buat buat anda, seperti dikutip dari TMC Polda Metro Jaya, Jumat (19/4/2013).
  • Cek atau priksa semua lampu kendaraan pakah berfungsi dengan baik atau tidak. Agar lampu tersebut bermanfaat saat dibutuhkan.Dan tetap nyalakan lampu utama meskipun siang hari dan hujan rintik-rintik karena membantu pengendara lain melihat kendaraan anda.
  • Priksa ban minimal seminggu sekali apakah tekanan udara masih cukup dan alur ban masih layak untuk jalan. Jangan mengambil resiko dengan menggunakan ban halus atau tipis, karena bisa membuat anda tergelincir apalagi saat hujan.
  • Priksa komponen kendaraan anda seperti; kemudi, pedal rem, gas maupun kopling apakah  dalam kondisi baik dan berikan perawatan extra selama musim hujan untuk mengantisipasi keadaan darurat atau akibat kesalahan orang lain yang dapat menyebabakan kecelakaan.
  • Gunakan alas kaki yang tidak licin, tahan air dan aman untuk berkendaraan dan persiapkan juga jas hujan yang berbentuk baju dan celana karena jas hujan seperti ini lebih aman dibandingkan yang berbentuk ponco.
  • Usahakan mengurangi kecepatan anda dalam mengendarai kendaraan karena pada saat hujan  permukaan jalan licin agar ban anda tidak tergelincir (slip). Mengemudi dalam kecepatan rendah akan membuat  ban kendaraan anda lebih banyak bersentuhan langsung dengan aspal dan membuat daya cengkaram ban lebih baik.
  • Jaga jarak aman kendaraan anda dengan pengendara lain karena pada saat hujan jarak aman pengereman kendaraan membutuhkan jarak yang lebih jauh dari pada kondisi kering untuk menghindari hal-hal yang membahayakan bagi anda maupun pengendara lain.
  • Jangan sembarangan nerobos genangan air karena kita tidak tahu kedalamannya, hal ini bisa mengakibatakan kendaraan anda mogok atau terperosok kedalam lubang yang mungkin ada didalam genangan air tersebut.
  • Apabila terjebak banjir dan kendaraan anda mogok karena air masuk ke saluran pembuangan gas kendaraan anda, jangan menghidupkan mesin kembali lebih baik didorong ketempat yang aman, karena dikhawatirkan system pengapian anda mengalami korsleting dan dapat membuat kendaran anda terbakar.
Nah semoga sedikit tips dari saya bermanfaat bagi bembaca...

sumber: http://oto.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar